Bisnis usaha hotel dan  atau rumah kost (untuk selanjutnya disebut hotel saja) saat sangat menguntungkan, banyak pihak yang tidak memiliki latar belakang perhotelan membangun hotel. Memang usaha perhotelan sangat menjanjikan, dengan pengelolaan yang baik dan profesional akan membawa keuntungan yang teratur dan signifikan.
Dari sisi pemilik hotel/manajemen hotel pengelolaan hotel secara profesional sudah wajib, hal itu tidak lain akan menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipantau. Inti dari usaha hotel adalah penjualan kamar. Jika penjualan kamar dapat dipantau dengan baik maka keuntungan juga semakin banyak. Banyak cara yang dilakukan pemilik untuk memantau penjualan kamar, antara lain:


1.      Menggunakan kunci hotel  smart card dengan jenis magnetic atau RFID. Tujuannya untuk menghindari penjualan kamar secara diam-diam yang dilakukan oleh pegawai hotel sendiri pada malam hari.

2.     Menggunakan aplikasi manajemen hotel untuk mendata tamu-tamu yang check in.




Tentunya, cara-cara di atas dapat mengontrol penjualan kamar dengan baik, tetapi disisi lain banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh pegawai. Jika jumlah pegawai relatif sedikit, maka sudah tentu yang dikorbankan adalah kualitas pelayanan kepada tamu. Dalam usaha hotel, kualitas pelayanan kepada tamu sangat mutlak, karena pelayanan yang baik akan membawa tamu kembali menginap di hotel untuk selanjutnya.

  
ADA Solusinya

adalah menggunakan kombinasi antara point 1 dan 2. Dengan menggunakan metede tersebut, penjualan kamar dapat di kontrol dengan baik, penerimaan/penjualan kamar terdata semua, pegawai hotel tidak banyak mengerjakan laporan keuangan karena sudah dibuat oleh aplikasi manajemen hotel.
Untuk itu, Kami menyediakan aplikasi manajemen hotel dengan nama Software Hotel (SH) yang terintegrasi antar departemen/depan.

FITUR Software Hotel (SH)



1.      SH Frontdesk:

Dipakai di front office untuk mendata tamu check in dan check out serta mencetak invoice tamu. Seluruh operasional penjualan kamar dan penanganan tamu dilakukan pada modul ini.

2.      SH Housekeeping:

Dipakai oleh petugas housekeeping untuk meng-update status kamar. Setelah tamu check out, status kamar harus di update terlebih dahulu baru kamar bisa dijual kembali.

3.      SH Setup:

Dipakai oleh Manager untuk melakukan pengaturan penggunaan program, penambahan nama pengguna baru, penambahan tarif kamar dan penambahan data referensi program lainnya.

4.      SH Resto:

Untuk mendata penjualan makanan dan minuman di restoran.

5.      SH Logistic

Untuk mendata barang dan keluar masuk barang.

6.       SH Loundry:

Untuk pendataan penjualan jasa cucian pakaian dari tamu hotel.

7.      SH Mini Store:

Untuk mendata penjualan barang-barang kebutuhan tamu yang dijual oleh hotel

8.       SH  Fasilitas

Untuk mendata penjualan usaha jasa lainnya yang disediakan/disewakan oleh hotel

9.      SH Parkir:

Untuk transaksi parkir tamu.

10.   SH Accounting:

Untuk pencatatan semua transaksi penerimaan, pengeluaran, pembelian dan pembayaran yang dilakukan oleh bagian akuntansi.











Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment